BeritaHot | Saat ini komputer telah menjadi bagian tidak terpisahkan dari dunia, jika semua komputer “rusak” masal maka yang terjadi adalah kekacauan seluruh dunia, terutama akan runtuhnya ekonomi secara masal. Hampir semua komputer di seluruh dunia menggunakan bagian yang di produksi oleh Intel dan perusahaan intel sendiri telah menjadi raksasa dalam dunia komputer yang terkenal kuat dan tahan.

Berikut 10 fakta tentang Intel yang jarang diketahui oleh orang banyak :

1. Awal mula
Intel mulai pada tahun 1968, saat itu fisikawan bernama Robert Noyce dan ahli kimia Gordon Moore memutuskan untuk mendirikan sebuah perusahaan. Kemudian Noyce menciptakan sebuah sirkuit bersama dengan Jack Kilbi. Intel pertamakali bernama Moore Noyce namun nama tersebut dinilai tidak ada nilai jual.
2. Nama Intel
 Nama Intel sendiri berasal dari kombinasi dua kata ” INtegrated” dan “ELectronics” dan menjadikan nama Intel sebagai nama perusahaan dan menjadi merk terkenal di dunia. Pada saat Intel telah dipaten kan, ada sebuah hotel yang memiliki nama sama dan hotel tersebut harus membayar $15.000 untuk menggunakan nya.
3. Awal mula Intel Inside
Kampanye Intel Inside diluncurkan pada tahun 1991 yang melambungkan nama Intel di dunia teknologi. Intel sendiri menjadi pemegang nomor satu pasar semikonduktor mengalahkan Samsung Electronics dan pada tahun 2009 intel menjadi merk wajib di 23 negara dunia.
4. Intel pencetus ide bilik kantor
Intel juga menelurkan banyak ide kreatif, terutama untuk menunjang kenyamanan pegawainya, salah satu ide untuk menunjang itu adalah ruang kerja yang berupa bilik terpisah antar satu pegawai dengan pegawai lain nya.
 
5. Intel punya Museum
Intel memiliki sebuah museum yang berisi tentang barang yang di pamerkan dari awal beridirinya perusahaan selama 40 tahun lebih, museum ini dikunjungi lebih dari 80.000 orang pertahun nya.
6. Steve Jobs adalah “produk intel”
Robert Noyce sangat suka membantu terhadap mereka yang memiliki ketertarikan dalam dunia komputer, salah satu murid dari Robert Noyce adalah Steve Jobs yang kemudian mendirikan perusahaan ternama saat ini, Apple.
 
7. Cleanroom.
Intel memiliki sebuah ruangan khusus dimana banyak chip di produksi, sebuah ruangan Cleanroom yang sangat terjaga kebersihan nya dan tidak sembarang orang bisa masuk, bahkan kebersihaan Cleanroom ini lebih bersih daripada kebersihan dari rumah sakit terbersih.
8. Akuisisi:
Intel telah menginvestasikan lebih dari $9 miliar dollar untuk mengakuisisi 1000 perusahaan sejak tahun 1991, awal mulanya ketika mereka mengambil alih micRoma yaitu perusahaan jam tangan digital pada tahun 1972 dan terbaru adalah McAfee.
9.  Keuangan
Pada tahun pertama intel berhasil memperoleh pendapatan senilai $ 2.672 kemudian memutuskan go publick pada tahun 1971 dan sukses meraup untung senilai $ 6.800.000, saat ini intel bisa menghasilkan $54 miliar dollar pertahun dan akan terus meningkat serta Intel juga memperkerjan 80.000 orang pekerja di seluruh dunia.