BeritaHot | Saat ini banyak penyedia layanan internet di Indonesia, selain berbeda jenis juga terdapat perbedaan dalam urusan harga, tentunya selain itu kuota yang ditawar pun sangat beragam sesuai dengan ketentuan provider tersebut – yang membuat pengguna bingung harus memilih paket terhemat di antara aling hemat.

Secara keseluruhan, setiap paket memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, oleh sebab itu kita sebagai konsumen harus bisa mengatur penghematan tersendiri dengan cara melakukan trik hemat internet .

1. Gunakan Wireless (wifi)
Cara pertama ini tergolong cara umum yang memang seharusnya di gunakan oleh pengguna mobile khususnya, dengan mengaktifkan jaringan wifi dan di ikuti dengan mematikan akses itnernet melalui kartu internetan milik anda.


Perlu di ingat menggunakan incognito mode dan aktifkan do not track untuk mengantisipasi ketika kamu secara tidak sengaja mengakses data pribadi seperti akun untuk bank atau email.


2. Gunakan Offline Mode

Untuk trik kedua ini, anda harus menggunakan aplikasi yang menawarkan fitur offline mode, dengan menggunakan offline mode anda tetap bisa menggunakan aplikasi tersebut walaupun tidak terhubung internet, contoh seperti Youtube Offline Mode untuk menikmati musik dan video tanpa itnernet.

 
3. Atur batasan pengguna data
 
Cara ketiga ini dilakukan untuk menghindari penggunaan kuota secara berlebihan, anda harus membatasi penggunaan kuota ketika sedang berinternetan. Caranya bisa menggunakan fitur seperti Set Mobile Data Limit. melelui settings kemudian pilihlah data usage.



4. Matikan semua Ads dan Kompres konten


Langkah ke empat adlah mematikan semua ads dan juga kompres setiap konten yang ingin kamu buka, untuk mematikan ads anda bisa menggunakan Adblock plus, sedangkan untuk menghemat atau kompres data anda bisa menggunakan browser seperti Operamini.

dengan cara semua di atas, setidaknya anda bisa menghemat paket yang sedang anda gunakan, untuk rekomendasi gunakan lah operamini, untuk urusan mobile – operamini merupakan