BeritaHot | Semakin hari teknologi semakin berkembang dengan berbagai jenis dan kebutuhan masing-masing sesuai keinginan manusia.

Di balik banyaknya teknologi manusia saat ini, tentu saja tidak lepas dari beberapa mitos yang menjadi “budaya” sendiri untuk masyarakat banyak dan bahkan belum memiliki bukti kuat untuk di percayai hanya berdasarkan pengalaman satu-dua orang manusia.

Menurut laman Huffington Post, ada beberapa mitos tentang penggunaan teknologi yang di anggap “sesat” untuk di percayai.

Berikut mitos :

1) Menggunakan ponsel di tempat pengisian bahan bakar dapat menyebabkan kebakaran.

Faktanya : terhitung hingga saat ini, hanya ada 1 kasus yang di temukan akibat adanya “yang katanya” akibat ponsel. Lansiran Dailynews, kemungkinan terjadi percikan api apabila ponsel di hidupkan saat pengisian bahan bakar memang ada, hal itu akibat uap dari bahan bakar, namun itu hanya secara teori dan belum bisa di buktikan dan kemungkinan menimbulkan percikan akibat sinyal ponsel persentase nya sangat kecil.


2) WWW (World Wide Web) sama dengan Internet

Faktanya : Mereka tidaklah sama, Internet adalah infrastuktur yang memungkinkan sebuah jaringan dapat saling berbagi di seluruh dunia, sedangkan WWW adalah salah satu dari jaringan tersebut.

Web membutuhkan Internet, sedangkan Internet dapat digunakan selain dengan kata “www”.

3) Ponsel menyebabkan kanker otak

Faktanya : Meskipun pada tahun 1990-2000 menjadi isu hangat, hingga saat ini tidak penelitian yang mendapatkan hasil bahwa ponsel dapat memicu kanker otak pada pengguna.

Sebuah penelitian pernah di lakukan di Inggris dan menyimpulkan bahwa meskipun gelombang yang dihasilkan ponsel memang memberikan dampak pada kesehatan, akan tetapi tidak untuk kanker.

4) Video game mengubah anak baik (pintar) menjadi anak nakal (bodoh)

Video game kerap dijadikan alasan oleh orang tua jika anaknya bertindak sedikti menyimpang, sebuah studi yang di lakukan oleh University of Glasgow ditemukan bahwa Game sama sekali tidak mempengaruhi sifat anak atau kecerdasan anak.

Bahkan mereka menemukan bahwa anak yang bermain video game satu jam selama satu hari dapat membuat mereka seidkit bahagia dibanding anak yang tidak bermain game sama sekali.

Akan tetapi, harus digaris bawahi tidak di anjurkan bermain Game untuk anak-anak dalam jangka waktu yang lama atau dengan permainan yang sulit.


5) Berdiri di samping microwave dapat membahayakan kesehatan

Faktanya : Mneurut laman NewyorkTimes, radiasi yang di pancarkan oleh Microwave tidak dapat mempengaruhi kesehatan manusia. Kecuali terdapat kebocoran pada Microwave tersebut.
 
6) Menggunakan mode “Privasi” saat berselancar di dunia maya dapat mengaman kan anda
Faktanya : Walaupun history web anda tidak mencatat penjelajahan yang anda lakukan, namun situs yang anda kunnjungi tetap memiliki catatan kunjungan yang anda lakukan.
7) Beberapa orang takut untuk berdekatan dengan magnet karena mereka percaya magnet dapat menghapus data anda
Faktanya : Anda membutuhkan kekuatan magnet yang cukup besar untuk menghapus data anda, itupun hanya dapat menghapus sebagian kecil data yang anda miliki.