Seorang wanita di Sragen, Jawa Tengah, tengah menjadi sorotan dunia. Ini lantaran wanita bernama Sulami yang berusia 35 tahun itu menderita penyakit langka. Penyakit yang membuatnya seperti patung alias tidak bisa bergerak.

Sulami tidak terkena stroke. Dia terkena penyakit langka yang dikenal dengan nama ‘tulang bambu’. Penyakit aneh yang membuat tubuhnya tidak bisa menekuk.

Kondisi Sulami menjadi sorotan media Inggris, Daily Mail. Media itu melaporkan, mengutip Dinas Kesehatan Sragen, Sulami menderita gangguan genetik langka, Ankylosing Spondylitis.

Kondisi Sulami begitu buruk. Dia mengandalkan neneknya, Suginem, 90 tahun, untuk membantunya bergerak.

Selama 10 tahun, Sulami tidak bisa duduk. Bahkan, membungkuk saja dia tidak bisa. Untuk berjalan, dia menggunakan tongkat.

Ankylosing spondylitis terjadi ketika tulang belakang dan anggota tubuh lain mengalami peradangan. Gejala awalnya berupa nyeri punggung, kaku, dan kelelahan ekstrim. Gejala ini bisa memburuk atau membaik secara alami.

Hingga saat ini, belum ditemukan obat untuk penyakit ini. Meski demikian, ada langkah penanganan yang sudah ditemukan untuk mengurangi dampak perkembangan penyakit tersebut.

Kasus di AS, antara 70 hingga 90 persen penderita sembuh sendiri. Tetapi, beberapa kasus menunjukkan penderita benar-benar tidak bisa bergerak.

Penyakit ini diakui tidak mempengaruhi harapan hidup. Meski begitu, penyakit ini dapat memicu penyakit lain seperti kardiovaskular, patah tulang belakang, infeksi dada, dan penyakit ginjal.